Pengaruh Percieved Ease Of Use, Precieved Risk dan Trust Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Penggunaan Internet Banking

Studi pada Nasabah Prioritas Deposito Bank Syariah Indonesia KCP Malang Kawi

Authors

  • Triesti Candrawati Politeknik Negeri Malang
  • Retno Widiastuti Politeknik Negeri Malang
  • Widi Dwi Ernawati Politeknik Negeri Malang
  • Edi Winarno Politeknik Negeri Malang

Keywords:

perceived ease of use, perceived usefulness perceived risk, trust and internet banking

Abstract

The increasingly rapid growth of information technology has encouraged banking services provided via the internet to become increasingly widespread. Product innovation and technological developments have become an inseparable part of the development of the banking industry to improve service quality so that it becomes faster, better and more efficient. Internet banking is a form of electronic transaction which is a new form of development of bank service delivery channels which has changed a banking business
strategy that initially relied more on human technology to become information technology. The purpose of this study is to determine the factors that influence customers in using internet banking. The population of this research is 100 priority customers at Bank Syariah Indonesia KCP Malang Kawi. While the number of samples obtained 80 priority customers using purposive sampling method. The conclusion that can be drawn based on the test results is that perceived ease of use, perceived risk and trust partially have
a positive and significant influence on customer satisfaction in using internet banking. Meanwhile, the variables perceived ease of use, perceived risk and trust simultaneously also have a positive and significant effect on customer satisfaction in using internet banking.

Pertumbuhan teknologi informasi yang semakin cepat mendorong pelayanan jasa-jasa perbankan yang dilakukan melalui internet semakin marak. Faktor inovasi produk dan perkembangan teknologi sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan perkembangan industri perbankan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga menjadi lebih cepat, bagus dan efisien. Internet banking adalah bentuk dari electronic transaction yang merupakan salah satu bentuk baru pengembangan delivery channel pelayanan bank yang sudah mengubah suatu strategi bisnis perbankan yang awalnya lebih banyak mengandalkan pada teknologi manusia menjadi teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam menggunakan internet banking. Populasi penelitian ini adalah 100 nasabah prioritas pada Bank Syariah Indonesia KCP Malang Kawi. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, 80 pelanggan prioritas terwakili dalam ukuran sampel. Kesimpulan yang
dapat ditarik berdasarkan hasil pengujian adalah percieved ease of use, perceived risk dan trust secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan internet banking. Sedangkan varibel percieved ease of use, perceived risk dan trust secara simultan juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan internet banking.

Downloads

Published

2024-11-11