Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyediaan Akses Pendidikan yang Inklusif

Authors

  • Bonifasius Santiko Parikesit Universitas Trisakti
  • Dien Yudithadewi Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Yudha Pratama Universitas Airlangga

Keywords:

CSR, Governance, Social Dominance, Women’s Empowerment, dampak, teori perubahan, SDGs, inklusif, pendidikan

Abstract

The paper aims to review the impact of the Waste Recycling Management Community Area (WIRALODRA) program conducted by PT Kilang Pertamina Internasional in Balongan Sub-District, Indramayu District, West Java. In particular, the WIRALODRA program is carried out to provide adequate internet access to students in the Balongan area using a waste savings scheme in exchange for wifi access. Through a series of interviews with relevant stakeholders, as well as literature studies, the researcher constructs a theory of change from the interventions carried out by the company through program implementation to see the impact created by the program. The research’s results show that implementation of the program contributes to the fulfillment of sustainable development goals (SDGs) no. 4, namely ensuring inclusive and equitable education, and promoting equal learning opportunities.

Abstrak 

Tulisan ini bermaksud mengkaji dampak program Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah (WIRALODRA) yang dilakukan PT Kilang Pertamina Internasional di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Secara khusus program WIRALODRA dilakukan untuk memberikan akses internet yang memadai kepada para peserta didik di wilayah Balongan menggunakan skema tabungan sampah ditukar dengan akses wifi. Melalui serangkaian wawancara kepada pemangku kepentingan relevan, serta studi pustaka, peneliti mengkonstruksi teori perubahan (theory of change) dari intervensi yang dilakukan perusahaan melalui pelaksanaan program untuk melihat dampak yang diciptakan dari program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program berkontribusi terhadap pemenuhan sustainable development goals (SDGs) no.4 yakni memastikan pendidikan yang inklusif dan merata, serta mempromosikan kesempatan belajar yang sama.

Downloads

Published

2025-09-25